Where the world comes to study the Bible

Roh Kudus: “Tuhan yang berkuasa dan pemberi hidup”

Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh Ku, firman Tuhan semesta alam (Zechariah 4:6)

Renungkan: Tuhan yang Memberi Hidup!

    Pelayanan Roh Sekarang Merupakan Pemenuhan Janji Dalam PL

      1. Baca Kejadian 12:1-3. Apa yang dijanjikan Tuhan bagi Abraham dan keturunannya?
      2. Apa lingkup utama (i.e., siapa yang akan menerima) berkat yang dinyatakan dalam Kej 12:1-3? Bandingkan Kisah 1:8; 3:25, dan Galatia 3:29.
      3. Baca 2 Samuel 7:12-16. Untuk berapa lama Tuhan meneguhkan kerajaan Daud dan tahtanya? Apa yang dilambangkan oleh tahta?
      4. Perhatikan: Masa depan orang Israel untuk memenuhi janji terhadap Daud dalam 2 Samuel 7, maka dia harus dari keturunan Yehuda, Daud, secara khusus. Pertanyaan: Jika berkat yang dijanjikan dalam Kejadian 12:1-3 dimaksudkan untuk semua (i.e., untuk semua manusia) dan tahta Daud dalam 2 Sam 7:12-16 untuk diteguhkan selama-lamanya, apa hubungan keduanya menurut anda? Baca Kisah 13:23ff dan Roma 1:3-4.
      5. Tuhan berjanji untuk membuat Abraham dan keturunannya menjadi besar dan memberkati seluruh dunia melalui mereka. Dia memutuskan untuk mengembangkan janji itu melalui raja Israel selama mereka dengan taat dibawah kuasaNya. Tapi Israel, seperti semua manusia, tidak taat sehingga pertanyaannya menjadi bagaimana Tuhan bisa memenuhi janjiNya (dengan orang berdosa) untuk memberkati seluruh dunia (cf. Ibr 8:7-8a). Jawabannya: Perjanjian Baru. Baca Jeremiah 31:31-33. Apa kata yang digunakan dalam Jeremiah 31:31 yang digunakan Tuhan untuk menggambarkan janji baru yang ditegakanNya? Apa arti kata covenant ? Lihat didalam kamus.
      6. Perjanjian Baru mengandung banyak janji yang saling berhubungan. Apa yang Tuhan janjikan menurut hukum dalam Jeremiah 31:32-33? Apa yang Dia janjikan terhadap umatNya? Apakah Tuhan mengatakan bahwa perjanjian baru akan dibuat untuk mengenal Dia? Apa yang diajarkan perjanjian baru tentang pengampunan kejahatan dan dosa?
      7. Perjanjian Baru dalam Yeheskiel melibatkan Roh. Baca Yeheskiel 36:27. Bagaimana Tuhan memampukan kita untuk taat?
      8. Baca Lukas 22:19-20. Atas dasar apa Tuhan membuat perjanjian baru? Bandingkan Ibrani 9:15-22.
      9. Baca Kisah 2:32-33. Setelah kematianNya dan kebangkitanNya, Yesus naik kesebelah kanan Tuhan (i.e., ditempat kuasa dan kekuatan) dan dari situ dia mencurahkan Roh Kudus yang dijanjikan untuk memenuhi PB. Bandingkan 2 Korintus 3:6, 7-18. Dia sekarang memerintah sebagai pemenuhan janji yang dibuat kepada Daud, menyediakan Roh sebagai pemenuhan janji yang dibuat bagi Yeremia dan Yeheskiel, dan juga secara universal (i.e., kepada semua yang percaya, tidak hanya orang Yahudi) dalam pemenuhan janji yang dibuat pada Abraham. Apakah anda bisa melihat Perjanjian Abrahan, Daud, dan Perjanjian Baru semua berhubungan satu sama lainnya?
      10. Baca 1 Petrus 2:4-10. Apa hubungan bagian ini dengan tema “menjadi umat Tuhan dan Dia menjadi Tuhan kita”—suatu tema penting yang bisa kita lihat dalam Yeremia 31:33?
      11. Baca 1 Korintus 12:13. Bagaimana cara kita menjadi umat Tuhan yang baru dan apa nama yang diberikan Paulus kepada umat Tuhan? Baca juga Efesus 2:22l. Apa yang dimaksudkan Paulus dengan gereja?

    Kesimpulan Janji PL dan Datangnya Roh

Janji dalam Kejadian 12:1-3 meneguhkan rencana Tuhan untuk memberkati bangsa melalui Abraham dan keturunannya. Dalam perkermbangan pewahyuan kita melihat dalam 2 Samuel 7:12-16 dan kemudian dalam Kisah 13:22-23 bahwa pemenuhan perjanjian dengan Abraham meliputi pemenuhan perjanjian yang lainnya dengan Daud mengenai masa depan raja dan kerajaan. Kita melihat bahwa penulis PB mengatakan bahwa Yesus memenuhi hal ini dalam kematianNya, kebangkitan, dan kenaikanNya. Disini kita juga melihat pemenuhan Perjanjian Baru ketika Roh diberikan kepada semua orang percaya melalui Yesus yang dimuliakan, berdasarkan kematian dan kebangkitanNya. Tujuan dari survey kita adalah untuk menolong pembaca mengerti bahwa kedatangan Roh sangat berhubungan dengan kedatangan Yesus dan rencana Tuhan untuk memberkati seluruh dunia. Ini sangat jelas dikatakan oleh tulisan Paulus dalam Galatia 3:14.

    Pelayanan Roh Dimengerti Dalam Hubungannya Dengan Karya Tritunggal

      1. Baca Efesus 1:3-11. Kata apa yang digunakan Paulus dalam Ay. 3 untuk menggambarkan hal yang telah Tuhan lakukan bagi kita dalam keselamatan? Menurut sebagian surat Efesus, berkat apa saja yang ada dalam pikiran Paulus?
      2. Apa yang dilakukan Bapa untuk meneguhkan keselamatan kita dalam Ay. 4? Kapan pilihan ini dibuat?
      3. Apa yang dilakukan Anak untuk meneguhkan keselamatan kita (Ay. 7)? Petunjuk: Apa acuan darah Kristus sebagai sidiran (cf. Kolose 1:21-22)? Bagaimana ini berhubungan dengan syarat Perjanjian yang baru dalam Yeremia 31:33?
      4. Apa yang Roh lakukan dalam keselamatan kita (Ay. 13-14)?
      5. Baca Efesus 1:4 dan Roma 8:29. Untuk tujuan rohani dan etis apa Tuhan memilih kita? Cf. Roma 8:30 dan Kolose 3:9-10.
      6. Kesimpulan: Kita telah melihat bahwa kedatangan Roh dan kaitannya dengan pemenuhan perjanjian dengan Abrahan, Daud dan perjanjian baru. Kita juga telah melihat bahwa karya Roh secara integral dan hubungannya dengan karya Bapa yang memilih orang pilihan dan Anak yang mati untuk orang pilihan itu.Dia datang untuk menghubungkan keuntungan kematian Anak kepada mereka yang telah Bapa pilih dalam kekekalan. Terdapat hubungan integral dari tujuan kekal Tuhan dan 3 pribadi Tritunggal dalam menjalankan rencana Tuhan dengan selaras.

    Pelayanan Roh Memuliakan Kristus dan Memampukan kita

      1. Baca Titus 3:5. Apa yang Roh lakukan untuk memulai pengalaman keselamatan kita? Cf. Yohanes 3:5-8; Yohanes 7:37-39.
      2. Baca 1 Korintus 3:16; 6:19-20, dan Roma 8:9. Dimana Roh berdiam? Menurut 1 Korintus 3:16, Roh berdiam dalam kita. Atas dasar ini apa yang dijelaskan Paulus kepada orang percaya? Bagaimana ini berhubungan dengan PL dan Yeheskiel 36:27?
      3. Kita telah melihat diatas bahwa Roh memberikan kita hidup dan secara permanen diam dalam kita. Sekarang, bahwa ini benar, menurut Yohanes 16:13-14, apa pelayanan utamaNya terhadap orang percaya? Menurut anda apa hubungannya dengan Roma 8:16?

    Pelayanan Roh Merubah Kita

      1. Baca 2 Korintus 3:18 (cf. Filipi 1:19). Selaras dengan tujuan pemilihan kita dan yang merupakan alasan dari kematian Anak, apa pekerjaan Roh dalam hal ini? Apa kata yang digunakan Paulus untuk menggambarkan natur inti dari karya Roh disini? Dalam kalimat yang singkat, jelaskan apa arti kata ini. Gunakan bagian Alkitab yang lain jika anda suka
      2. Baca Roma 8:1-17. Dalam Ay. 13 (dan ayat lain dalam Roma 8) bagaimana Paulus menggambarkan natur dari “transformasi” kita?
      3. Baca Galatia 5:16-26. Haruskan kita sebagai orang percaya yang mengasihi Tuhan mengharapkan suatu konflik selama proses transformasi kita kearah keserupaan dengan Kristus ? Jelaskan. Apa hubungan buah Roh dengan tujuan Tuhan memilih dan memanggil kita (Ef 1:4)?
      4. Baca Efesus 4:30. Bagaimana dosa kita mempengaruhi Roh Kudus yang mentransform kita ? Tentu Roh Kudus sangat berduka akan semua dosa kita, tapi dosa yang mana yang secara khusus Paulus sebut dalam konteks Ay., i.e., v. 29, 31? Bandingkan 1 Tesalonika 5:19.
      5. Baca Efesus 5:18. Bagian ini sebaiknya diterjemahkan , “dipenuhi dengan maksud Roh.” Apa perintahnya disini? Siapa yang melakukan pemenuhan? Dengan apa kita dipenuhi? Bandingkan Efesus 1:23; 3:18-19. Apa hasil dipenuhi dengan Roh seperti yang digarisbawahi dalam 5:19-21? Sekali lagi apa hubungan hal ini dengan Tuhan yang memilih kita untuk kekudusan, untuk menjadi seperti gambar AnakNya? Ini merupakan pertanyaan penting yang secara mendasar mempengaruhi pandangan seseorang tentang penyucian dan kehidupan yang seperti Kristus. Mereka seharusnya tidak melewatinya dengan mudah.
      6. Baca 2 Timotius 1:7-8; 1 Korintus 2:4-5; 1 Tesalonika 1:5. Bagaimana Roh memampukan kita untuk mengabarkan injil kepada yang lain?

    Pelayanan Roh, Memberi Karunia Roh

      1. Baca Roma 12:1-8; 1 Korintus 12:7-11, 27-21; Efesus 4:1-16, dan 1 Petrus 4:10-11. Karunia rohani apa yang diberikan oleh Roh?
      2. Menurut 1 Korintus 12:11, siapa yang menentukan karunia yang akan diberikan kepada seseorang?
      3. Kenapa Roh memberikan karunia? Baca Efesus 4:12; 1 Korintus 12:7.
      4. Baca 1 Korintus 13:1-14:1. Bagaimana bentuk Komunitas ideal yang seperti apa sehingga karunia Roh bisa berfungsi dengan baik?

    Pelayanan Roh, Menjamin Masa Depan Kita

      1. Baca 2 Korintus 1:21-22; 5:5, dan Efesus 1:13-14. Apa kata Paulus tentang Roh pada bagian ini?
      2. Dengan cara apa kepemilikan Roh kita sekarang dihubungkan dengan masa depan kita dengan Tuhan?
      3. Coba dan simpulkan poin utama dari pelajaran ini dalam satu atau dua kalimat.

Renungkan: Apa Arti Hal Ini Bagi Hidup Saya?

    Kebutuhan Berpikir Secara Konsisten

Roh bekerja sejalan dengan karya Anak dan Bapa. Bapa memilih seseorang untuk keselamatan dan Anak mati untuk menyelamatkannya. Roh kemudian memberikan hidup baru kepada orang yang sudah Tuhan pilih atas dasar kematian dan kebangkitan Anak. Apakah kerangka keselamatan yang lebih besar ini menolong anda mengerti Roh dan pelayanananNya dengan lebih baik ? Apa Implikasi yang diberikan hal ini terhadap hal yang telah Tuhan lakukan terhadap diri saudara sekarang ini?

    Mengerti Peperangan Yang Ada

Kita mengetahui bahwa keselamatan kita sangat pasti sehingga Paulus bisa bicara mengenai pemuliaan kita (i.e., ketika kita pergi kesurga dan sempurna) seperti sudah terjadi, sepertinya itu sudah tercapai (Roma 8:30). Itu memang sudah dikerjakan, bersama dengan karya Tritunggal. Tapi, sekarang ini kita masih mengalami pergumulan dan sering merasa kesakitan dan sengsara dalam perjalanan kita. Dalam kerangka pergumulan, apa hubungannya dengan pelayanan Roh ? Kenapa ada konflik saat ini ? Apa yang kita lakukan terhadap hal ini ? (Roma 8:13, 26-27)? Sampai sekarang ini, bagaimana anda berurusan dengan cobaan ini?

    Mengalami Kuasa dari Roh

Kita seharusnya tidak berpikir tentang Roh hanya dalam rangka kuasa. Benar bahwa Dia Seorang yang memberikan kita kuasa Rohani yang luar biasa untuk memuji Tuhan, menghadapi dosa kita, mengalami sukacita rohani, melayani yang lain, dan membagi injil melalui kata dan tindakan yang baik. Tapi kita jangan mengurangi pribadi ketiga Tritunggal ini hanya sebagai suatu kekuatan semata! Jangan ! Dia pribadi ilahi yang datang untuk menengahi kehadiran Tuhan dalam Kristus bagi kita. Bagaimana pengertian anda sekarang ini tentang Roh dan pelayananNya?

    Mengerti dan Menggunakan Karunia Rohani Kita

Karunia rohani apa yang anda punya ? Mengapa Tuhan memberikannya kepada anda? Bagaimana cara anda menggunakan hal itu supaya semua bisa mendapat keuntungan dari hal itu ? Apakah gereja anda merupakan tempat dimana karunia bisa digunakan dalam kasih ? Jika tidak, bagaimana anda bisa dengan baik mendiskusikan masalah ini dalam kepemimpinan ? Bagaimana anda bisa dengan rendah hati menjadi bagian dari solusi jika masih ada masalah menyeimbangkan kebenaran, kasih, dan kesatuan dalam gereja anda ? diberkatilah yang membawa damai!

Related Topics: Pneumatology (The Holy Spirit), Basics for Christians