Where the world comes to study the Bible

Manusia: “Siapa kita sebenarnya?”

Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita (Kejadian 1:26)

Renungkan: Diciptakan Dengan Dashyat dan Ajaib!

    Beberapa Pemikiran Pendahuluan

      1. Sebagai pendahuluan dari doktrin ini, Baca Mazmur 139:13-16. Apa kata Daud tentang cara Tuhan menciptakan dia dan apa artinya buat dia?
      2. Kenapa kita diciptakan oleh Tuhan? Baca Efesus 1:11-12; 1 Korintus 11:1, dan Filipi 4:4. Bagaimana anda menyimpulkan ayat ini? Apa artinya memuliakan Tuhan dan memuji dalam Dia?

    Bermula dari …

      1. Beberapa orang berpikir kita hanya salah satu kemungkinan yang didapat dalam kekuatan evolusi yang buta. Tapi Alkitab memiliki pendapat lain mengenai masalah penting ini. Baca Kejadian 1:26. Ide siapa untuk menciptakan manusia? Apa arti semua ini untuk orang yang merasa mereka hidup sendiri dalam dunia yang tidak memiliki tujuan dan sepi?
      2. Tuhan menciptakan banyak mahluk hidup yang berbeda menurut gambaran Kejadian (Kej 1-2). Apa keunikan manusia? Baca Kejadian 1:26-27.
      3. Menurut anda apa arti “gambar” dan “rupa”? Beberapa pemikiran: Teolog sudah lama bergumul dengan berat mengenai pertanyaan ini karena jawaban untuk hal itu berkaitan dengan cara pikir kita mengenai karya penyelamatan Kristus, etika, dan hal penting lainnya.. Beberapa teolog mengatakan bahwa gambar menunjuk pada kemampuan manusia untuk mengatur, karena mengatur disebutkan dalam hubungan dengan gambar di Kejadian 1:26. Yang lain, atas dasar pasal di Kolose 3:9, mengatakan bahwa gambar berhubungan dengan pengenalan pribadi dengan Tuhan. Tapi yang lain mengatakan bahwa itu berhubungan dengan moralitas, kebenaran, dan kekudusan (lihat Efesus 4:24). Akhirnya, beberapa teolog mengatakan bahwa gambar berhubungan dengan kemampuan manusia dalam berhubungan. Kebenaran mungkin terletak pada salah satu kombinasi dari semua hal ini. Setiap cara dimana manusia serupa dengan Tuhan, waktu menjaga perbedaan yang diperlukan dan perbedaan pencipta dan ciptaan dengan jelas, adalah apa yang disebut “rupa”—setidaknya dalam konteks kanonikal yang luas. Manusia, dalam keadaan sebelum kejatuhan, serupa dengan Tuhan sehingga dia bisa, dibawah pemeliharaanNya dan arahanNya, mewakili dia (Mazmur 8:3-8). Sangat penting untuk menyadari hal ini karena dengan melakukan hal ini kita bisa memegang kebenaran kembar yaitu keistimewaan dan tanggung jawab.
      4. Berbicara secara luas, 2 elemen apa yang disatukan Tuhan dalam penciptaan manusia, menurut Kejadian 2:7? Apa hubungan tubuh fisik kita dengan diciptakan dalam gambar Tuhan? Apakah itu alat yang bisa kita gunakan untuk menyatakan serupa dengan Tuhan (cf. Roma 6:12-14; 12:1)? Menurut anda apa hubungan doktrin PB mengenai kebangkitan tubuh dengan karya Tuhan memulihkan kita dari gambar Tuhan (cf. Phil 3:20-21)?

5. Apa yang diajarkan Kejadian 1-2 dan Mazmur 8:3-9 tentang tempat istimewa anda dalam penciptaan? Apa yang Tuhan perintahkan dan peringatkan dalam Kejadian 2:16-17 mengajar anda tentang apa yang terjadi sesuai dengan keistimewaan ini?

    Kejatuhan Manusia, Dosa, dan Gambar Tuhan

      1. Baca Kejadian 3:1-6. Siapa yang dibelakang ular menurut 2 Kor 11:3; Wahyu 12:9 dan 20:2?
      2. Apa coba dilakukan oleh ular ketika dia berkata kepada Hawa: “Apakah Tuhan benar mengatakan ….?” Menurut anda kenapa dia menggunakan pertanyaan daripada pernyataan langsung?
      3. Sindiran apa yang ular lakukan tentang Tuhan dalam 3:5?
      4. Apa saja hasil merusak dari kejatuhan? Baca Kejadian 3:7, 8, 10, 12-13, 16, 17-18, 22-24; 4:8; 5:5ff.
      5. Baca Roma 3:9-20. Bagaimana keadaan kemanusiaan setelah kejatuhan?
      6. Apa, menurut 1 Yohanes 3:4, yang menjadi natur inti dari dosa? Mengapa definisi Yohanes lebih baik daripada mengatakan bahwa dosa adalah “mementingkan diri sendiri” atau sesuatu seperti itu? Dosa apa yang digarisbawahi oleh Yesus dalam Matius 15:19 dan Paulus dalam Roma 1:29-32 dan Galatia 5:19-21?
      7. Baca Kejadian 9:6-7 dan Yakobus 3:9. Apakah gambar Tuhan tetap ada setelah kejatuhan atau kejatuhan menghancurkannya secara permanen? Perhatikan: beberapa Teolog menunjuk itu sebagai gambar Tuhan yang hilang, tapi tidak dihapuskan. Kemudian mungkin ada 2 kata yang sangat baik menjelaskan keadaan manusia dibawah dosa: kebebasan dan Kejatuhan (i.e., keberdosaan).
      8. Baca Kolose 1:15. Siapa yang menjadi gambar Tuhan?
      9. Menurut Roma 8:29 dan Kolose 3:9 kedalam gambar siapa kita diperbaharui dan ditransformasi?
      10. Kapan transformasi gambar Kristus menjadi sempurna? Lihat 1 Korintus 15:49.

Renungkan: Apa arti hal ini buat hidup saya?

    Masalah Kehormatan

      1. Kehormatan kita dihubungkan dengan apa?
      2. Apakah setiap orang memiliki setidaknya sedikit kehormatan, tidak peduli besarnya dosa mereka? Bagaimana cara kita memperlakukan orang (cf. Yakobus 3:9)?
      3. Bagaimana cara kehormatan seseorang dihubungkan dengan membagikan injil dengan mereka?
      4. Cara apa yang bisa anda tunjukan kepada yang lain bahwa mereka memiliki kehormatan dan harga yang baik dimata Tuhan dan juga anda?

    Masalah Kejatuhan

      1. Apa yang dimaksudkan dengan kejatuhan manusia dan bagaimana itu mempengaruhi kehormatan kita sebagai ciptaan dalam gambar Tuhan?
      2. Dengan cara apa orang menyatakan kejatuhan mereka? Bisakah anda mengelompokan beberapa dari mereka kedalam gaya hubungan dan bagaimana orang merasa hal ini menolong mereka berurusan dengan kesengsaraan hidup dalam dunia yang sudah jatuh (dan dosa mereka sendiri)? Sebagai contoh, Penyangkalan (i.e., bersembunyi, menolak tanggung jawab, dan kemudian menjadi tidak taat), kemarahan, merendahkan, ketergantungan, dll. Hati-hati untuk tidak terlalu “memperlakukan secara psikologi”iman; kita dilihat secara dominan dalam Alkitab sebagai rohani/etis dan mahluk sosial yang tidak terjadi begitu saja, kebanyakan berwujud psikologi.
      3. Bagaimana kita mengkomunikasikan ide bahwa beberapa dosa lebih bisa diterima daripada yang lain? Menurut anda bagaimana perasaan Tuhan mengenai hal ini?
      4. Satu masalah khusus yang sebagian besar orang Kristen tidak mampu lakukan yaitu berhubungan baik dengan orang yang bertentangan dengan mereka. Apakah ini dosa? Kenapa atau kenapa tidak? Kapan itu menjadi dosa? Apa hubungannya dengan masalah ketakutan dan respon Adam dan Hawa dalam Kejadian 3:8-10?
      5. Menurut anda bagaimana rasanya hidup dengan tubuh sempurna dengan gambaran Tuhan yang sudah dipulihkan? Dengan kata lain, menurut anda seperti apa pengalaman disurga nanti? Saya berpikir khususnya hubungan yang akan kita nikmati disana. Baca 1 Korintus 13:12.

Related Topics: Man (Anthropology), Basics for Christians