Where the world comes to study the Bible

Musuh Kita: “Ular tua yang disebut Iblis”

Aku melihat iblis jatuh seperti kilat dari langit (kata Yesus dalam Lukas 10:18)

Renungkan: Tuhan yang Memanggil Kita Untuk Bertempur

    Siapa Itu Iblis

      1. Baca Yesaya 14:12-14 dan Yeheskiel 28:12-15. Dalam setiap kasus, yang sering dibicarakan para nabi (Isa 14:4; Ezek 28:1-12)? Bahasa yang digunakan kepada raja-raja ini seperti tidak untuk mereka melainkan mungkin menunjuk kepada setan? (PERHATIKAN: Terdapat pertikaian diantara Orang Kristen yang percaya Alkitab tentang apakah bagian ini sebenarnya menunjuk pada Setan, tapi banyak yang setuju setidaknya Yesaya mengarah kesana)
      2. Apa kata Alkitab tentang setan? Apa yang bisa ditunjukan nama ini tentang karakternya?
      a. Ayub 1:6; 2:1
      b. Matius 13:39
      c. Lukas 11:18-19
      d. Yohanes 10:10
      e. Yohanes 12:31
      f. 1 Yohanes 2:13
      g. Wahyu 12:9
      h. Wahyu 12:17

    Siapa Itu Setan?

      1. Baca 2 Petrus 2:4 dan Yudas 6. Siapa itu setan dan apa yang telah terjadi terhadap mereka?
      2. Apakah “pengurungan mereka dalam lubang yang gelap” membuat mereka tidak bisa mempengaruhi orang dibumi? Lihat 2 Petrus 2:9 dan perbandingan Petrus mengenai nasib malaikat yang jatuh dengan orang yang tidak benar yang tetap ada dalam dunia. Kita bisa menyimpulkan dari analogi Petrus bahwa sejak orang yang tidak benar ditahan untuk dihakimi dan tetap aktif dalam dunia demikian juga dengan malaikat yang jatuh. Disamping semuanya ini, injil memberikan banyak kesaksian tentang aktifitas iblis yang melakukan kejahatan dalam dunia (cf. Eph 6:10-20).
      3. Baca Roma 8:38-39; 1 Korintus 15:24-25; Efesus 1:20-21 dan 1 Petrus 3:22. Nama lain apa yang digunakan untuk menunjuk pada iblis dan menurut anda apa pengaruhnya? Suatu hari kepada siapa iblis ini akan membayar kesetiaannya (Fil 2:10)?

    Apa Strategi dari Setan dan Pengikutnya

      1. Baca Kejadian 3:1-6. Apa yang dilakukan setan terhadap dunia milik Tuhan? Apa hubungannya dengan teguran Paulus dalam Efesus 6:17? Lihat juga 1 Thess 2:13.
      2. Baca 1 Yohanes 5:19 dan 2 Korintus 4:4; 11:3. Apa prioritas utama setan? Menurut anda kenapa dia berbuat demikian? Lihat juga Wahyu 12:9
      3. Baca 1 Petrus 5:8. Apa yang ingin setan lakukan terhadap manusia khususnya pengikut Kristus?
      4. Cara apa yang coba dilakukan oleh iblis dan pengikutnya untuk merintangi, menekan, dan “menghancurkan” manusia?
      a. Markus 2:21-28
      b. Markus 5:1-20
      c. Lukas 9:37-42
      d. Lukas 11:24-26
      e. 2 Korintus 11:3, 13-14
      f. 1 Tim 4:1-4
      g. 1 Petrus 5:5-10
      h. Wahyu 12:10

    Apa Hubungan Karya Kristus Dengan Kuasa dan Kekuatan setan

      1. Kedatangan Kristus, dan kematianNya serta kebangkitanNya, mencapai banyak hal dalam menyelamatkan orang terpilih dan membangun kerajaan Tuhan. Dalam proses itu, apa yang dilakukan Yesus terhadap iblis? Lihat Yohanes 12:31; Lukas 11:21; Kolose 2:14-15 dan 1 Yohanes 3:8.
      2. Menurut Yohanes 10:28-30; Roma 8:38-39 dan 1 Yohanes 5:18, bisakah iblis memisahkan kita dari kasih Tuhan?
      3. Menurut Wahyu 20:10, apa akhir dari iblis dan pengikutnya?

    Apa yang Kita Lakukan Sebagai Orang Percaya Terhadap Setan dan Pengikutnya

      1. Menurut Yakobus apa yang harus kita perbuat ketika setan menyerang (Yakobus 4:7; cf. juga 1 Petrus 5:8-9)? Janji apa yang berhubungan dengan itu? Apa pentingnya kata “lari” dibandingkan dengan “pergi” atau “keluar”? Baca Yakobus 3:15, 16; 4:2, 4 dan daftarkan cara iblis dalam kitab Yakobus yang harus ditolak.
      2. Apa yang akan dikatakan Efesus 6:10-18 untuk kita lakukan dalam mempersiapkan diri terhadap serangan iblis? Tuliskan.
      a. Dengan kuasa apa kita berperang melawan iblis dan pengikutnya, Ay. 10?
      b. Perlengkapan apa yang Paulus katakan dalam Ay. 11 (lihat Ay.12-18)? Berapa banyak yang harus kita pakai?
      c. Apa pergumulan utama kita menurut Ay. 12? Apa yang akan terjadi jika kita tidak peduli terhadap serangan rohani atau menolak anggapan bahwa iblis secara aktif mencobai dan menyerang kita (cf. 2 Tim 2:26)?
      d. Apa penekanan dalam Ay. 13? Bagaimana Ay. 14ff. menjelaskan arti kata “tetap berdiri”?
      e. Apa apa arti “berikat pinggangkan kebenaran” dan “berbaju zirahkan kebenaran” dalam Ay. 14? Apa tujuan dari ikat pinggang dan baju zirah dalam perlengkapan perang prajurit Roma?
      f. Menurut anda seberapa penting sepatu untuk prajurit Roma yang berjalan beratus mil dan melakukan pertarungan dengan tangan dan kaki? Apa hubungan analogi itu dengan injil kedamaian?
      g. Apa pentingya iman sebagai “tameng” dalam Ay. 16? Apa perbedaan antara “iman berdasar Kristus”, “sukacita optimis” dan “penolakan keras kepala”?
      h. Apa pentingnya tutup kepala dan apa hubungannya dengan diselamatkan dalam Ay. 17?
      i. Apa tujuan pedang dan hubungannya dengan Firman Tuhan? Cf. Matius 4:1-11.
      j. Apakah doa bagian dari perlengkapan Ay.18? Apa arti “berjaga-jaga”? Seberapa sering kita berdoa untuk orang kudus?
      3. Bisakah kita menang dari setan dan pengikutnya? kenapa? Baca Lukas 9:1; 10:19-20; Wahyu 12:11 bersama dengan Roma 16:20; Efesus 1:19-22; 2:6.
      4. Apa akhir dari iblis dan pengikutnya? Baca Wahyu 20:10.

Renungkan: Apa Arti Hal Ini Buat Hidup Saya?

    Kebutuhan Hidup Kudus

Setan dan pengikutnya bekerja dalam kerajaan kegelapan dan dosa. Ketika kita hidup dalam dosa yang masih tidak kita akui, kita memberikan iblis batu pijakan dan tempat untuk kemudian makin mengeraskan hati kita, menghalangi perjalanan kita dengan Kristus, dan paling parah menghilangkan kerja kita untuk menjadi saksi Kristus. Apakah ada dosa yang belum anda akui? Apa hubungan antara 1 Yohanes 1:9 dan Ibrani 13:14 dengan hal ini? Setan secara terus menerus menuduh kita berdosa, tapi sekarang dalam terang Kristus bagi umatnya, tuduhan iblis tidak lagi berkuasa dan tidak bisa memisahkan kita dari Tuhan. Semakin kita bertumbuh dalam pengudusan dan kekudusan, semakin dia tidak bisa mencobai kita. Apa artinya anda bertumbuh dalam kekudusan, mengakui dosa, dan berjalan dengan berkemenangan (cf. Roma 6:12-14; 8:13; 2 Cor 7:1; Eph 4:22-24)?

    Kebutuhan Firman Tuhan

Lihat kembali Kejadian 3:1-6; Efesus 6:17, dan 1 Tesalonika 2:13. Seberapa penting Firman Tuhan dalam hidup anda? Iblis bisa membuat kerusakan yang lebih hebat terhadap orang yang tidak peduli daripada orang Kristen yang sudah diperlengkapi ( tolong bandingkan dengan Eph 4:14). Apakah anda membaca, mengingat, dan melakukannya? Bagaimana teladan Kristus dalam Matius 4:1-11 bisa menolong anda?

    Kebutuhnan Berdoa

Doa merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam menghadapi iblis. Apakah anda berdoa kepada Tuhan untuk semua kebutuhanmu supaya terpenuhi ? apakah anda berdoa untuk hal yang benar anda butuhkan ? inginkan ? Berdoa juga supaya Tuhan memampukan anda berjaga-jaga terhadap perang melawan iblis dan memberikan anda kekuatan untuk melawannya pada saat diperlukan. Apakah anda berdoa untuk orang Kristen yang lain dan kuasa injil dalam lingkungan anda dan seluruh dunia ? Doa seperti itu dibutuhkan untuk warga kerajaan. Berdoa juga supaya Tuhan memberikan anda hati yang tidak terbagi dan ketaatan terhadap kehendakNya menjadi kesenangan anda.!

    Kebutuhan Persekutuan

Salah satu perlindungan yang kita dapatkan terhadap setan adalah penghiburan, hikmat, dan persahabatan dalam Tuhan (Ibr 3:12-13). Apakah anda secara tetap saling menghibur antar sesama orang Kristen? Kita membutuhkan sumber anugrah Tuhan dalam hidup kita jika kita ingin menang atas setan. Apakah anda melakukannya untuk menghibur dan menguatkan orang Kristen yang lain? Ini yang dilakukan Paulus (e.g., Rom 1:11-12).

    Kebutuhan Memperluas Kerajaan Allah Dengan Perlawanan dari Iblis

Kita jangan menyerah untuk menang bagi kerajaan terang, tapi kita juga jangan pernah berhenti berkembang dalam dunia, tawanan setan ,“merengut orang dari api” seperti kata Yudas (Yudas 22-23). Kita harus memberitakan injil keseluruh dunia, memanggil pekerja Tuhan untuk meneguhkan InjilNya melawan iblis. Ketika kita berhadapan dengan seorang yang memiliki kuasa iblis atau dikuasai iblis, kita harus memerintahkan iblis untuk meninggalkannya dalam nama Yesus dan dibawah kuasaNya. Tapi kita harus sangat hati-hati terhadap kerja iblis yang sangat licik, a.n kemampuannya masuk kedalam ajaran sesat yang merusak dan mendorong orang untuk mengingkari nurani mereka melalui praktek yang dipertanyakan. PERHATIKAN: Ide merupakan hal yang sangat kuat dan membawa kepada benteng hidup seseorang, dalam kehidupan komunitas, bangsa, dan bahkan seluruh tradisi intelektual (e.g., tradisi barat dan perselingkuhan dengan “alasan” terbuka dan kebebasan manusia). Dalam banyak hal kita bisa yakin bahwa Tuhan pemilik dunia ini mengawasi, dengan caraNya, semua pernyataan doktrin yang mencoba menyingkirkan pemerintahan Tuhan dan merusak pemberitaan Firman. Kita mampu memerangi hal ini melalui ketaatan terhadap kebenaran, dengan berdoa memberitakan kebenaran, dan hidup dalam kesucian waktu kita ingin menjangkau tetangga kita.

Related Topics: Satanology, Basics for Christians