Where the world comes to study the Bible

Keselamatan yang luar biasa: “Buta namun sekarang bisa melihat”

Tetapi oleh Dia kamu berada dalam Kristus Yesus, yang oleh Allah telah menjadi hikmat bagi kita. Ia membenarkan dan menguduskan dan menebus kita (1 Cor 1:30)

Renungkan: Tuhan yang Menyelamatkan Saya

    Kedaulatan Tuhan Dalam Hidup dan Keselamatan

      1. Baca Efesus 1:11. Berapa banyak hal dimana Tuhan berkarya selaras dengan Tujuan dari kehendakNya? Maka dari itu, pilihanNya terhadap anda untuk bisa selamat dan mengenal Dia sejalan dengan cara Dia melakukan hal yang lain, dimana Dia mengerjakannya sesuai dengan rencanaNya yang agung dan bijaksana. Sekarang sebagian besar rencanaNya merupakan misteri bagi kita, tapi dengan anugerahNya kita mendapat bagian dalam injil; sebesar itulah yang kita tahu!
      2. Baca Kisah 2:23. Apakah kematian Kristus merupakan kegagalan? Apakah orang Yahudi dan orang licik lainnya dengan sendirinya membawa Dia kepada kematian ? Apakah mereka bertanggung jawab atas kematianNya ? Kesimpulan: tidak sekalipun tindakan manusia yang berdosa, yang memang harus dipertanggung jawabkan, bisa membalikan kedaulatan tujuan Tuhan. Pikirkan bagaimana saudara Yusuf menjual dia untuk menjadi budak dan mencoba melukai dia, tapi Yusuf sendiri mengakui bahwa ketika saudaranya mereka-rekakan yang jahat kepada dirinya namun Tuhan merekakan yang baik buatnya, i.e., pemeliharaan, pengembangan, dan akhirnya keselamatan umatNya (lihat Gen 45:5-8).
      3. Kita melihat diatas bahwa Tuhan berdaulat atas semua hal yang terjadi dimuka bumi (Eph 1:11). Kita juga melihat bahwa manusia membunuh Yesus, tapi Tuhan menggunakan dosa mereka untuk mengampuni dunia. Sekarang Baca Matius 11:20-30. Apa yang Yesus katakan mengenai Tuhan menunjukan kedaulatanNya dalam keselamatan dan bagaimana perasaan Tuhan mengenai hal ini?

    Dipilih oleh Tuhan

      1. Baca Efesus 1:4. Siapa yang memilih kita? Kapan? Jika Dia memilih kita sebelum kita ada, dan sebelum kita bisa menjadi baik atau buruk, apa yang anda dapat tentang pilihanNya (cf. Efesus 2:8-9; Rom 9:11-12)? Faktor apa yang memotivasi Tuhan untuk memilih kita sebelumnya, menurut Efesus 1:4? PERHATIKAN: Teolog sering menunjuk pemilihan Tuhan sebagai “pemilihan tak bersyarat” yaitu, pilihanNya tidak berdasarkan syarat yang sesuai dengan standart. Seperti dikatakan Paulus, kita adalah orang berdosa ketika Yesus mati untuk kita (Rom 5:8) dan menjadi objek dari kemurkaan Tuhan (Eph 2:3); maka dari itu, Tuhan melihat kita sebagai orang berdosa sebelum dunia dijadikan, tapi tetap memilih kita.
      2. Baca Kisah 13:48. Apa yang dikatakan Lukas mengenai mereka yang percaya kepada Firman?
      3. Baca Roma 8:29-30. Siapa yang berinisiatif dalam keselamatan? Bisakah anda melihat perkembangan logis dalam gambaran Paulus dari semua proses keselamatan dalam Ay. 30? Garis bawahi itu. Apakah ini membuat anda rendah hati dihadapan Tuhan dan juga percaya kepadaNya?

    Dipanggil oleh Tuhan

      1. Kita melihat diatas bahwa Tuhan merupakan penggagas dan penyelesai keselamatan yang berdaulat. Dia menggunakan banyak cara untuk menyelamatkan kita, termasuk salib sebagai cara utama, demikian juga pemberitaan inji dan memberikan kita iman untuk percaya kepadaNya (Baca Efesus 2:8-9 sekali lagi.) Dalam memberitakan injil ada “panggilan umum” dan “panggilan khusus”. Panggilan umum berlaku untuk semua orang, seperti ketika seorang pengkhotbah membagikan injil, tapi itu sendiri tidak menghasilkan keselamatan bagi semua orang. Baca Matius 11:28-30. Disini Yesus memanggil semua yang merasakan kebutuhan untuk datang kepadaNya.
      2. Teolog juga berbicara tentang panggilan yang “khusus” dan “berhasil” dari Tuhan. Disini Roh menggunakan berita Injil dan memampukan orang berdosa—yang mati dalam dosa (Eph 2:1)—untuk percaya dan beriman dalam Kristus. Lihat 2 Tesalonika 2:14. Menurut Roma 8:30 siapa yang menerima panggilan Roh?
      3. Baca Roma 1:6-7. Apa yang menjadi panggilan kita? Lihat juga 1 Korintus 1:9; 2 Timotius 1:9; 1 Petrus 2:9.
      4. Baca Galatia 1:6. Bagaimana cara Tuhan memanggil anda kepada iman dalam Yesus Kristus?
      5. Apakah Tuhan pernah merubah pikiranNya dalam memanggil kita untuk selamat? Baca Roma 11:29. Lihat juga Roma 8:38-39.

    Di Regenerasi oleh Tuhan

      1. Baca Titus 3:5. Kata “lahir baru”berarti “regeneration” atau “lahir baru” (lihat NET Bible). Atas dasar apa Tuhan melahir barukan kita? Anggota Tritunggal mana yang secara khusus terlibat dalam proses memberikan kita lahir baru, yaitu prinsip baru dalam kehidupan rohani kita dan suatu awal baru hidup bagi Tuhan.
      2. Apa yang diajarkan Yohanes 3:3-8 tentang lahir baru? Menurut anda kenapa Nicodemus sangat sulit menangkap perkataan Tuhan? Mengapa orang sekarang ini tidak mengerti hal dari Tuhan? Lihat 1 Korintus 2:13-14.

    Konversi pada Kristus: Dorongan Roh Membawa Respon Terhadap Undangan Tuhan

      1. Menurut Roma 10:17 bagaimana bisa ada iman?
      2. Walaupun seperti yang dikatakan Roma 10:17 iman yang benar melibatkan pengetahuan tindakan dalam injil, tapi lebih dalam dari itu. Lihat Yakobus 2:19. Iman yang benar membutuhkan suatu keadaan dimana tindakan itu secara pribadi dipercayakan dan dikomitmenkan pada Kristus yang hidup. Lihat Yohanes 1:12; 3:16, dan 5:24.
      3. Apa itu pertobatan dalam Kisah 20:21 dan 2 Korintus 7:9-10? Lihat juga Kisah 17:30. PERHATIKAN: Iman dan pertobatan merupakan dua aspek dalam satu respon yang benar terhadap Tuhan dalam keselamatan. Lihat Yesaya 55:6-7. Pertobatan umumnya dimengerti sebagai aspek negatif dalam menolak dosa dan iman merupakan aspek positif dari berbalik kepada Kristus.
      4. Siapa yang memberikan iman, menurut Efesus 2:8?
      5. Siapa yang meluluskan pertobatan menurut Kisah 5:31 dan 2 Tim 2:25? PERHATIKAN: Iman dan pertobatan terjadi hampir bersama sehingga Alkitab sering menggunakan hanya salah satu dari itu, walaupun kedua pemikiran disebutkan ( tapi lihat Kisah 20:21).

    Dibenarkan oleh Tuhan

      1. Kata “dibenarkan” dalam PB “diputuskan benar”; bukan berarti “dibuat benar”. Sebaliknya, pengudusan sering berarti “dikuduskan” atau “dibangun” dalam kebenaran dan kekudusan. Walaupun kedua pemikiran sangat berkaitan, yang satu merupakan dasar bagi yang lain; mereka tidak sama, dan jangan disamakan. Jangan juga dipisahkan sehingga tidak terlihat hubungan sama sekali diantara mereka.
      2. Baca Roma 4:1-12. Berapa kali kata “kredit” muncul? Beberapa versi menterjemahkan kata Yunani sebagai “dihitung” atau “dipertimbangkan”. Kata itu merupakan kata akuntansi
      3. Bagaimana kebenaran “dihitung” atau “dikredit” terhadap Abraham? Lihat 4:3. Apakah ini juga berlaku buat kita? Lihat 4:22-24 dan 5:1.
      4. Apakah perbuatan baik diperlukan untuk bisa dibenarkan? Baca Roma 4:4-6. Bagaimana dengan ritual keagamaan? Are itu perlu untuk dibenarkan? Lihat 4:9-11. Apakah ada ruang untuk membanggakan hal diatas? Lihat 4:2. Apa respon kita yang benar?
      5. Apa elemen kunci dalam doktrin pembenaran? Baca 4:6-7.
      6. Sejak pembenaran secara jelas diberikan oleh Tuhan tanpa usaha, ritual keagamaan, dan usaha manusia apapun, tapi melalui iman, apa dampak hal itu? Baca 4:16

    Ditempatkan dalam Kesatuan dengan Kristus oleh Tuhan

      1. Baca Efesus 1:3. Apa lingkup dari semua berkat kita?
      2. Baca Efesus 1:4. Kapan pilihan bahwa kita harus “dalam Kristus” dibuat?
      3. Baca Roma 6:4-5. Bagaimana cara Tuhan membawa kita bersatu dengan Kristus?
      4. Bagaimana Efesus 2:5-6 dihubungkan dengan pemikiran “didalam Kristus”?
      5. Hal apa saja yang dikatakan “dalam Kristus”?
      a. 1 Korintus 1:30
      b. 1 Timotius 1:14
      c. 2 Timotius 2:1, 10
      d. 1 Yohanes 5:11
      e. 2 Korintus 5:21
      f. Efesus 1:7
      g. 1 Tesalonika 4:16
      6. PERHATIKAN: Apakah aman untuk mengatakan bahwa setiap hal baik yang kita miliki adalah “dalam Kristus” atas dasar anugerah Tuhan, yang menang buat kita melalui ketaatanNya dibumi, karya salib, kebangkitan, dan dimuliakan disebelah kanan Bapa. Dari semua hal ini kita sebut “dalam Kristus” dan keuntungan, melalui tujuan pemilihan Tuhan, dalam anugrahNya yang besar, kemenanganNya atas dosa. Berdoa, renungkan Alkitab/doktrin, gabungkan dengan iman pertobatan dan ketaatan merupakan kunci pengalaman sehari-hari berkat kita dalam Kristus.

    Diangkat Anak oleh Tuhan

      1. Apa yang dikatakan Yohanes terhadap Umat Kristus? Baca 1 Yohanes 3:1-2. Apa yang Paulus katakan mengenai orang Kristen dalam Galatia 3:26?
      2. Bagaimana seseorang menjadi “anak Tuhan”? Lihat Yohanes 1:12 dan Baca Galatia 3:26 sekali lagi.
      3. Apa kata yang dipakai atau analogi yang digunakan Paulus untuk menggambarkan status kita sebagai anak Tuhan? Lihat Roma 8:15, 23; Galatia 4:5, dan Efesus 1:5. PERHATIKAN: NIV menerjemahkan kata Yunani sebagai “anak” atau mirip seperti itu. Kata itu adalah “adopsi”
      4. Apa yang dikatakan Paulus tentang anak Tuhan dalam Efesus 2:19?
      5. Siapa yang meyakinkan kita tentang pengangkatan kedalam keluarga Tuhan sebagai anakNya perempuan dan laki-laki (tentang anak laki-laki dan perempuan lihat 2 Korintus 6:18)? Baca Roma 8:16.

    Dikuduskan oleh Tuhan

      1. Apa konteks dari pengudusan? Lihat Roma 5:1-2.
      2. Apa yang dimaksud dengan pengudusan dalam 1 Petrus 1:15? Baca juga 2 Korintus 3:18. Kata kunci apa yang digunakan Paulus dalam 2 Cor 3:18 untuk menggambarkan pembaharuan rohani dan moral yang dijalani orang Kristen?
      3. Atas dasar apa perubahan ini mengambil tempat dalam kita? Baca Roma 6:4-5.
      4. Siapa yang bekerja didalam anda untuk menghasilkan kekudusan? Khususnya Lihat 2 Korintus 3:18; Galatia 5:22-24; Efesus 5:18, dan Filipi 2:12-13.
      5. Seperti apa kekudusan dalam Roma 13:8-10 dan bagaimana hubungannya dengan Galatia 5:22-24? Lihat juga 1 Korintus 13.
      6. Apakah kekudusan yang sempurna bisa dicapai dalam kehidupan sekarang? Lihat Roma 7:14-25 dan Filipi 3:12-14.
      7. Apakah pengudusan atau pertumbuhan dalam kekudusan hanya sekedar “membiarkan” dan “mengijinkan Tuhan”? Bagaimana bahasa konflik dalam Galatia 5:17-18 berhubungan dengan pemikiran ini? PERHATIKAN: Ada waktu dimana kita cukup untuk mengerti saja, tapi ini tidak sesuai dengan pandangan menyeluruh bagaimana bertumbuh dalam kekudusan. Itu terlalu pasif dan kehilangan penekanan dari perintah untuk mengerjakan keselamatan bukan bekerja untuk bisa selamat (Phil 2:12-13).
      8. Kenapa sebagai orang Kristen kita tidak bisa hanya melakukan apa yang kita inginkan saja, karena kita dibawah anugerah (lihat Roma 6:1-23)? Dalam Galatia 6:7-8 Paulus memperingatkan mereka yang mau atau tidak mau mentaati perilaku ini. Apa peringatannya ? Bagaimana itu berhubungan dengan pembenaran dan status sebagai anak Tuhan? Gaya hidup yang seperti apa harus dijalani orang Kristen? Lihat Ibrani 12:1-11.

    Dimuliakan oleh Tuhan

      1. Apa tahap akhir dari rencana Tuhan dalam menyelamatkan orang Kristen? Lihat Roma 8:30.
      2. Pemuliaan termasuk didalamnya kebangkitan tubuh kearah kekudusan dan pengampunan. Lihat Roma 8:23 dan Baca dengan perlahan 1 Korintus 15:1-58 (terutama. 1 Cor 15:53).
      3. Kenapa pemuliaan termasuk didalamnya menurut Roma 8:19-21?

    Kedaulatan Tuhan

Kenapa sangat penting untuk mengerti doktrin kedaulatan Tuhan ? Apa yang terjadi, jika kita menyamakan “kedaulatan” dengan “fatalisme” atau “determinisme” yang kaku? Ingat, Tuhan mutlak berdaulat dalam kematian Anak, tapi orang Yahudi dan orang licik lainnya bertindak bebas untuk melakukan kejahatan. Maksudnya, walaupun ada ketegangan dan misteri antara kedaulatan ilahi dan kebebasan dan tanggung jawab manusia, jangan jatuh pada salah satu sisi yang melihat tindakan atau rencana Tuhan secara kaku dibuat hanya dari cara pandang manusia atau dia tidak tahu hal masa depan dan respon terhadap hal itu ketika terjadi. Keduanya salah: Tuhan mengetahui masa depan karena Dia yang membuatnya dan mengarahkan masa sekarang kearah itu, tapi kita bisa secara bebas melayani Dia melalui Roh yang hidup dalam kita. Ini merupakan keseimbangan terbaik antara pernyataan Alkitab yang jelas dengan pengalaman kita sebagai mahluk bebas. Lihat Phil 2:12-13 sekali lagi.

Renungkan: Apa Arti Hal Ini Buat Hidup Saya?

    Dipilih oleh Tuhan

Untuk anda apa artinya Tuhan sendiri yang memilih anda dalam kekekalan ? Apa respon yang semestinya ketika kesulitan datang? Apa yang sedang dihadapi sekarang dan apa yang anda pelajari bisa menolong anda?

    Adopsi

Untuk anda apa artinya anda bisa memanggilNya “Bapa”? Kita memiliki Bapa yang mengetahui kita sedalam-dalamnya dan tetap mengasihi kita. Dia mengerti kita dan ingin mendengar tangis kita dan menghibur kita. Dia menyediakan segala sesuatu seperti Ayah yang baik dan Dia juga melindungi kita. Dia bahkan menghajar kita, untuk kebaikan kita, supaya kita bisa mendapat bagian dalam kekudusan. Suatu hari Dia akan memanggil kita dimana kita akan hidup dalam keluargaNya tanpa pergumulan dan dosa. Sekali lagi, apa pendapat anda bahwa anda bisa memanggil Tuhan, “Bapa” ?

    Dikuduskan oleh Tuhan

Apa pendapat anda kalau Roh sangat tertarik membangun hidup anda sekarang ? Ketika anda menghadapi pergumulan dan kekalahan, mengapa sangat penting merenungkan maksud dan tujuan pilihan Tuhan dalam hidup anda dan juga doktrin pembenaran dan pertobatan orang percaya?

    Implikasi Lebih Lanjut

Dari pelajaran ini hal apa yang perlu anda percaya, perilaku yang perlu diubah, dan perilaku yang masih harus diusahakan? Bertanya nasihat, hikmat, dan kekuatan dari Tuhan dalam menjalankan kehendakNya. Bertanya pada orang yang berlajar bersama dengan anda untuk bisa mendapatkan nasihat kasih dalam hidup anda (cf. Prov 27:17).

Related Topics: Soteriology (Salvation), Basics for Christians