MENU

Where the world comes to study the Bible

Tuhan Kita yang Luar Biasa: “Akulah Tuhan, Itulah NamaKu”

Tidakkah kautahu ?, dan tidakkah kau dengar ? Tuhan ialah Allah kekal yang menciptakan bumi dari ujung ke ujung (Yesaya 40:28)

Renungkan: Tuhan, Siapa Engkau ?

    Contoh Paulus dalam Kis 22:8, 10

      1. Baca Kisah 21:1-22:21. Paulus ada dimana dan apa yang sedang terjadi?
      2. Setelah pertemuannya dengan Kristus yang telah bangkit, 2 pertanyaan apa yang dilontarkan Paulus ( lihat Kisah 22:8, 10)? Bagian pertama dari pelajaran ini berfokus pada pertanyaan pertama dan bagian kedua berfokus pada pertanyaan kedua.

    Tuhan Mengasihi Anda

      1. Baca 1 Yohanes 4:8. Apa kata Yohanes tentang esensi natur Allah?
      2. Apa salahnya membalikan pernyataan Yohanes dalam 1 Yohanes 4:8, berkata bahwa “kasih adalah Tuhan” ?
      3. Apa yang diajarkan ayat dibawah ini mengenai kasih Tuhan?
      a. 1 Yohanes 4:10
      b. Yesaya 49:15-16 (cf. Keluaran 28:9-12)
      c. Efesus 1:4-5, 2:4-5
      d. Roma 8:38-39

    Tuhan Kita Adalah Tuhan yang Kudus

      1. Baca Yesaya 6:1-6. Apa yang dilihat Yesaya dalam 6:1-2?
      2. Bagaimana sikap Serafim dalam Ay. 3 terhadap Tuhan?
      3. Apa yang dialami Yesaya dalam Ay. 5? Apa yang Tuhan lakukan melalui Serafim dalam Ay. 6-7?
      4. Apa kesaksian pemazmur dalam Mazmur 99:9?
      5. Apa yang dikatakan Petrus tentang Tuhan dalam 1 Petrus 1:15-16? Bagian PL mana yang digunakannya untuk menjelaskan?
      6. Salah satu judul yang disukai Yesaya tentang Tuhan adalah kekudusan Tuhan. Baca Yesaya 1:4; 12:6; 41:20, dll. Yesaya menyatakan tentang Tuhan dengan cara ini sebanyak 25 kali. Apa sebutannya dan apa diajarkan ayat ini kepada anda mengenai kekudusan Tuhan?
      7. Kenapa penting sekali bagi kita sebagai individu, dan sebagai gereja secara keseluruhan, untuk tidak kehilangan pengertian akan kekudusan Tuhan? Kenapa penting sekali bagi kehidupan rohani dan moral kita untuk belajar menghargai Tuhan yang kudus dan yang membenci dosa?
      8. Kenapa penting sekali untuk mempertahankan, baik kasih dan kekudusan Tuhan dalam porsi yang seimbang? Apa hubungan salib dengan kasih dan kekudusan Tuhan?

    Tuhan Kita adalah Tuhan Tritunggal

      1. Baca Efesus 1:2. Apa kata Paulus tentang Bapa?
      2. Baca Titus 2:13. Apa kata Paulus tentang Yesus (cf. Filipi 2:6)?
      3. Baca Kisah 5:3, 5. Apa kata Petrus tentang Roh Kudus?
      4. Baca Ulangan 6:4 dan Markus 12:29. Menurut bagian ini, ada berapa Tuhan disini?
      5. Apa yang bisa anda simpulkan dari Fakta Alkitab tentang Tuhan? Jawabnya: Dia hanya satu, tapi terdiri dari 3 pribadi yang berbeda.Dia intinya satu (semua anggota Tritunggal memiliki atribut Ilahi), 3 dalam pribadi (ada 3 pribadi yang berbeda; Bapa, Anak, dan Roh Kudus). Kita akan membahas hal ini lebih jauh dalam pelajaran berikutnya. Kesimpulannya, kita bisa mengatakan bahwa Alkitab tidak mendukung tri-theism (tiga tuhan yang berbeda) tidak juga mendukung modalism (satu Tuhan dalam 3 bentuk berbeda), tapi mendukung trinitarianism: tiga pribadi dalam satu Tuhan. Baca Efesus 1:3-14 dan perhatikan natur Tritunggal dalam tindakan keselamatan.

    Dia Selalu Berkarya Dalam Hidup Anda

      1. Baca Yohanes 5:17. Dalam rangka membawa keselamatan bagi manusia dan membebaskan mereka dari dosa, apa kata Yesus Bapa dan dirinya? Apakah ini menolong anda?
      2. Apa yang dilakukan Paulus dalam Roma 8:28 untuk mengulangi pengajaran Yesus dalam Yohanes 5:17? Renungkan setiap kata dalam Roma 8:28 dan kemudian berterima kasih kepada Tuhan untuk kesetiaanNya kepada anda.

Renungkan: Tuhan, Apa yang Engkau Kehendaki Aku Perbuat?

    Memuji

Didalam pelajaran ini kita belajar bahwa Tuhan kita itu kasih dan kudus. Dia mengasihi manusia, tapi membenci dosa. Kita juga melihat bahwa Tuhan adalah Tritunggal, dimana ketiganya memang Tuhan. Pemazmur mengatakan, “Besarlah Tuhan dan sangat terpuji, dan kebesaranNya tidak terduga” (Mazmur 145:3). Respon kita seharusnya sama dengan respon Yesaya, yaitu dengan berlutut dan memuji Tuhan (cf. juga Roma 11:33-36)!

    Percaya

Apakah kenyataan bahwa Tuhan adalah kasih dan juga kudus menolong anda tetap mempercayaiNya secara mutlak? Bagaimana hubungan kasih Tuhan dengan kesulitan yang terjadi dalam hidup anda ? Bagaimana hubungan kekudusan Tuhan dengan kebenaran tentang Dia dan semua yang Dia katakan pasti Dia lakukan? Apa hubungannya dengan diri kita dan rencana Tuhan bagi kita?

    Taat

Sekarang anda sudah mempelajari kasih dan kekudusanNya, Apakah itu berarti anda taat padaNya dalam setiap bagian hidup anda? Apa hubungan ketaatan dengan percaya (diskusikan)?

    Kasih

Baca 1 Yohanes 2:5. Bagaimana cara kita menyatakan kasih kita kepada Tuhan? Apa hubungannya dengan 1 Yohanes 2:15-16?

    Menjadi Kudus

Tujuan utama kita memuji dan mengasihi Tuhan adalah untuk bertumbuh kearah kekudusan. Baca 1 Petrus 1:15-16 sekali lagi. Kemudian Baca Ibrani 12:14 dan 2 Korintus 7:1. Apa artinya menjadi kudus dan Apa hubungannya dengan mengasihi? Mengapa hidup kudus sangat penting menurut Ibrani 13:14?

    Menyatakan Kristus

Baca 2 Korintus 5:14-15. Apa pengaruh kasih Tuhan bagi Paulus? Menurut 2 Korintus 5:16-21, apa yang telah dilakukannya (cf. Rom 1:16)?

Related Topics: Theology Proper (God), Basics for Christians