Where the world comes to study the Bible

Alkitab: “Terang bagi jalanku …”

Untuk selama-lamanya, ya Tuhan, firmanMu tetap teguh disorga (Maz 119:89)

Renungkan: Tuhan yang Berbicara Kepada ku

    Pentingnya Alkitab

      1. Baca Ulangan 32:47. Dimana orang Israel berada? Apa yang sedang mereka persiapkan?
      2. Apa yang dilakukan Musa dalam Ulangan 32:47?Apa arti kata “hidup” disitu ?Apakah mirip dengan perkataan Yesus dalam Matius 4:4? Kenapa?
      2. Apa maksud dari Firman Tuhan adalah hidup kita, menurut Ulangan 32:47, kaitannya dengan perkataan Yesus dalam Yohanes 6:63?

    Merenungkan Firman

      1. Baca Yoshua 1:1-9. Apa perintah Allah kepada Yosua? Apa janji Tuhan bagi pemimpin baru?
      2. Apa tanggung jawab Yoshua dalam Yoshua 1:8? Bagaimana cara seseorang merenungkan Firman?
      3. Apa tujuan dari perenungan kita menurut Yoshua 1:8 (cf. 1 Samuel 15:22-23)?
      4. Apa janji Tuhan jika kita merenungkan dan taat (cf. Yohanes 15:7-8)?

    Natur dan Tujuan Firman

      1. Baca 2 Timotius 3:16-17. Apa kata Paulus tentang Alkitab (i.e., dari PL dan kesimpulan dari PB)? Apakah ini berlaku untuk semua bagian Alkitab atau hanya bagian yang saya sukai?
      2. Menurut 2 Tim 3:16-17, Apa fungsi Alkitab dalam hidup saya? Apa perbedaannya, dengan hubungan antar sesama?
      3. Apa tujuan Allah memberikan Alkitab kepada gereja menurut Ulangan 29:29 dan 2 Tim 3:17? Bagaimana seharusnya hal ini mempengaruhi cara saya membaca Alkitab?
      4. Bagaimana cara Yesus berdoa dalam Yohanes 17:17 dihubungkan dengan 2 Timotius 3:16-17?
      5. Apa tanggung jawab kita menurut 1 Tesalonikas 2:13? Perhatikan permusuhan yang disebutkan dalam konteks?
      6. Seperti apa orang percaya yang benar menurut Yakobus 1:22-25? Menurut anda mengapa Yakobus mengatakan Firman Tuhan sebagai “hukum yang memerdekakan”?
      7. Menurut Roma 15:4, apa alasan lain Alkitab ditulis? Apakah anda mengalami hal ini ketika membaca Firman Tuhan? Apa hubungannya dengan 2 Timotius 3:16-17?
      8. Baca Mazmur 119. Tulis kegunaan dan fungsi Firman Tuhan. Seberapa penting Firman Tuhan bagi pemazmur? Seberapa penting seharusnya Firman Tuhan bagi anda dan saya sebagai orang Kristen yang mengaku mengetahui dan mengasihi Tuhan?
      9. Baca Yohanes 5:39-40. Siapa sasaran utama Firman Tuhan? Hubungannya dengan 2 Timotius 3:16-17 dan pasal lain yang anda lihat dalam bagian ini?

Renungkan: Apa Arti Hal Ini Bagi Hidupku ?

    Program Membaca

Apakah anda pernah berpikir tentang program membaca Alkitab? Ada beberapa perbedaan pendekatan. Jika anda membaca 3-4 pasal sehari, anda bisa membaca seluruh Alkitab dalam waktu 1 tahun. Namun, beberapa orang memutuskan itu terlalu banyak (seperti duduk 30 menit di pagi hari). Sebaliknya mereka hanya membaca satu Mazmur atau sebagian kecil dari Alkitab. Ini mungkin pilihan yang lebih baik dan sebagian besar memilih hal diatas.

Tetapi ada pilihan lain – yang lebih menolong bagi mereka yang sangat perhatian dan yang melayani sebagai pengajar. PL bisa dibaca dalam jumlah besar setiap minggu diwaktu luang. PB, sebaliknya, dibaca secara berulang-ulang Disini tujuannya adalah membaca surat PB, seperti Galatia, dan membacanya secara menyeluruh. Lakukan ini setiap hari selama sebulan atau lebih. Pada akhir bulan, anda akan mengerti pesan surat Galatia secara menyeluruh dan kemungkinan untuk lupa sangat sedikit. Ayat yang semula tidak dimengerti, akan menjadi jelas dalam kerangka menyeluruh. Umumnya, anda bisa melakukannya untuk semua kitab dalam PB, membagi kitab atau surat yang panjang kedalam bagian yang lebih kecil. Sebagai contoh, Matius bisa dibagi dalam 4 bagian yang terdiri dari 7 pasal; Wahyu kedalam 2 bagian yang terdiri dari 7 pasal dan satu bagian dengan 8 pasal, atau 2 bagian dengan 5 pasal dan 2 bagian dengan 6 pasal. Baca setiap bagian sekali sehari selama 30 hari. Ini artinya, akhirnya anda menghabiskan waktu sekitar 120 hari untuk Matius. Dengan kecepatan ini anda bisa menyelesaikan seluruh PB dalam waktu sekitar 3 tahun. Tapi….dan ini perbedaannya, yaitu anda mengerti apa yang anda baca dan cenderung untuk mengingatnya! Menarik sekali bukan ?

    Mengingat Firman Tuhan

Kita bisa mendengar Alkitab dibacakan dan dikotbahkan. Kita bisa membacanya sendiri. Kita juga bisa menghafalkannya sehingga kita bisa menggunakannya secara langsung untuk perenungan, penginjilan, peperangan rohani, dan penghiburan. Walaupun untuk menghafal dibutuhkan usaha, ketekunan, dan suatu perencanaan, namun keuntungannya sangat besar dan melebihi dari investasi. Pembaca disarankan untuk melihat program menghafal yang kita miliki pada Biblical Studies Foundation (/docs/splife/sm-niv/sm-niv.htm)

    Membaca untuk Mendengar Suara Tuhan

Sikap utama kita terhadap Firman Tuhan sama dengan sikap kita dihadapan Dia. Seperti kata Yesaya, Allah menghargai orang yang menyesal dalam roh dan yang takut akan FirmanNya (Yes 66:2b). Kita datang dihadapanNya dengan kerendahan hati, terbuka untuk menerima, dan bersedia menerima perintah, dikoreksi, ditegur dan dihibur. Biarkan Firman Tuhan menyentuh dan berbicara tentang kebutuhan anda. Melalui perenungan mintalah kepada Tuhan untuk menunjukan kehendak dari FirmanNya. Dia pasti mau melakukannya.

Related Topics: Bibliology (The Written Word), Basics for Christians