Where the world comes to study the Bible

Pendahuluan

Materi pelajaran-pelajaran ini merupakan rangkaian pelajaran doktrinal yang bertujuan meletakkan doktrin-doktrin mendasar yang sangat penting bagi orang-orang Kristen yang baru percaya atau yang baru masuk dalam iman Kristen agar mereka dapat mulai menjalani kehidupan yang baru dan bertumbuh dalam Kristus.

Banyak orang–orang yang baru masuk iman maupun yang telah sekian lama menjadi orang Kristen terhambat dalam pertumbuhan rohani mereka karena mereka tidak memahami kebenaran-kebenaran mendasar tentang hal berjalan dengan Kristus dengan kuasa Roh Allah berdasarkan terang FirmanNya. Tujuan pelajaran ini adalah meletakkan dasar perjalanan iman mereka yang telah percaya kepada Kristus agar mereka mulai mengalami kuasa kehidupan Kristus yang mengubah dengan pertolongan Roh Kudus. Pelajaran-pelajaran ini akan khusus menyoroti keadaan orang-orang percaya di dalam Kristus, kedudukan dan identitas mereka yang baru, dan bagaimana kebenaran-kebenaran ini membentuk dasar iman yang kokoh, pertumbuhan, dan transformasi rohani yang terjadi sehingga kehidupan Kristus itu akan terlihat nyata dalam dan melalui kehidupan mereka.

Pelajaran- pelajaran dalam Bagian Pertama: Kehidupan Yang Pasti Terjamin, bertujuan meletakkan dasar yang kuat bagi pertumbuhan rohani dalam Kristus, yang akan menjadi landasan bagi pembahasan dalam Bagian Kedua dan Bagian Ketiga.

Pelajaran-pelajaran dalam Bagian Kedua: Kehidupan Yang Mengalami Transformasi, akan mengupas kebenaran-kebenaran Kitab Suci yang khusus berhubungan dengan kehidupan yang telah diubah oleh Kristus. Kehidupan ini akan terbentuk oleh pekerjaan Allah dalam kehidupan orang percaya melalui pemahaman kebenaran-kebenaran Kitab Suci dan kesediaan menerapkannya dengan iman dalam kehidupan sehari-hari.

Pelajaran-pelajaran dalam Bagian Ketiga: Kehidupan Yang Berlipatganda, bertujuan untuk mengefektifkan kehidupan orang-orang percaya sebagai abdi-abdi yang baik terhadap kasih karunia Allah yang diuraikan dalam bagian yang membahas tentang pengabdian talenta, kebenaran, harta dan waktu. Meskipun Allah adalah sumber penghiburan, damai, sukacita, namun tujuan akhirnya adalah menjadikan kita pelayan-pelayan seperti Kristus, yang datang ke dunia ini bukan untuk dilayani melainkan untuk melayani, yang menolong orang lain memahami kecukupan Kristus bagi setiap kebutuhan.

Rangkaian pelajaran ini dapat digunakan untuk pertumbuhan rohani setiap individu, khususnya dapat berfungsi sebagai pedoman dalam pemuridan. Kendati pelajaran-pelajaran ini cukap memadai dalam penguraiannya, namun ini bukanlah pembahasan yang lengkap untuk setiap pokok yang dikemukakan di sini.

Ayat-ayat yang dikutip tidak dapat dijadikan hanya sebagai ayat-ayat pembukti, melainkan sebagai acuan untuk penggalian lanjutan terhadap kebenaran yang diajarkan berdasarkan konteks ayat-ayat itu.

Pelajaran-pelajaran ini juga tidak dimaksudkan sebagai pegangan satu-satunya untuk setiap pokok yang dibahas dan juga saya sendiri tak menganggap diri saya sebagai sumber primer atau satu-satunya untuk setiap pokok bahasan karena saya sendiri banyak dipengaruhi dan ditolong oleh orang-orang lain yang telah mengajar saya. Doa saya kiranya TUHAN, oleh kasih karuniaNya yang besar dan tak terbatas itu, akan menggunakan pelajaran-pelajaran ini untuk hormat dan kemuliaanNya, dan untuk membangun iman orang-orang kudus. Saya mempersembahkan pelajaran-pelajaran ini kepada Allah dan mengandalkan Firman kasih karuniaNya yang mampu dan berkuasa membangun iman kita.

Karena itu buanglah segala kejahatan, segala tipu muslihat dan segala macam kemunafikan, kedengkian dan fitnah.

Dan jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan
1 Petrus 2:1-2

Related Topics: Basics for Christians