Where the world comes to study the Bible

Pendahuluan dan Silabus

I. Gambaran Pelajaran

Sebuah pelajaran mengenai prosedur melakukan eksegesis yang baik dalam berbagai bagian di Perjanjian Lama. Metodenya termasuk penyelidikan kata, puisi, kritik tekstual, sintaks, teologi Alkitabiah, dan eksposisi eksegesis praktis dalam berbagai genre dari Alkitab Ibrani.

II. Tujuan Pelajaran

Tujuan utama pelajaran eksegesis ini adalah mengembangkan keahlian melakukan eksegesis dalam Perjanjian Lama. Untuk mencapainya, pelajar akan

A. Menjadi terbiasa dengan buku-buku terbaik dan sumber-sumber bagi kegiatan ini,

B. Belajar
melakukan penyelidikan kata secara menyeluruh,
menganalisa bahasa puisi dan struktur penulisan,
menyelesaikan masalah tekstual,
menjelaskan hubungan sintaktikal,
melakukan teologi Alkitabih,
mengembangkan eksposisi yang akurat dan berarti dari teks, dan

C. Menjadi manusia yang taat pada Firman.

III. Persyaratan Pelajaran

A. Setiap pelajar diharapkan membaca bagian Alkitab yang ditugaskan (walaupun tidak melakukan tugas), catatan setiap hari, dan semua tugas bacaan bagi hari itu. Persyaratan bacaan dihitung 10% dari nilai keseluruhan pelajaran. Diakhir pelajaran setiap pelajar harus menyatakan dalam tulisan apakah bacaannya dilakukan atau tidak, atau berapa persen yang selesai jika tidak selesai.

B. Ada duapuluh empat tugas mengeksegesis dalam pelajaran ini, setiap hari satu setelah kelas dimulai. Setiap pelajar diharuskan melakukan enambelas tugas menyisahkan 90% nilai pelajaran. Jika lebih dari enambelas yang diselesaikan, maka nilai terbaik dari enambelas tugas itu akan dihitung untuk nilai semester.

Ini berarti, setiap pelajar bisa tidak mengikuti atau tidak mengerjakan delapan tugas. Tapi tolong diperhatikan, dua kali tidak mengikuti secara berturutan tidak diperbolehkan. Pengaturan ini memperingan jadwal pelajar, tapi tetap mengusahakan seluruh wilayah metode eksegetikal.

Petunjuk tugas akan diberikan dalam setiap tugas kelas; ini akan menunjukan apa yang harus dilakukan dan diserahkan. Nilai tugas didasarkan pada seberapa baik pelajar mengembangkan keahlian eksegetikal dalam memenuhi tujuan dari tugas, dan tidak semata pada apakah penafsiran tertentu atau jawabannya dicatat.

C. Penilaian: Skala penilaian dalam pelajaran ini sebagai berikut: 93-100 itu A, 84-92 itu B, dan 75-83 itu C. Disetiap huruf nilai juga terdapat tingkatan, dua angka tertinggi akan diberi +, dan dua terbawah diberi - (jadi 91, 92 diberi B +; 84, 85 diberi B-).

IV. Materi Pelajaran

Perlengkapan yang Perlu Anda Gunakan

Ada terlalu banyak buku-buku dan referensi yang tersedia bagi pelajaran ini??sebagian dari tujuan pelajaran adalah belajar menggunakannya sehingga yang paling berguna (yang akan digunakan seterusnya) diharuskan.

Tapi ada beberapa hal yang harus dimiliki pelajar yang akan membuat seluruh proses lebih nyaman (artinya, bisa lebih banyak mengerjakannya dirumah): satu buah Alkitab bahasa Ibrani (bersama dengan apparatus, Stuttgartensia), Kamus Ibrani Hebrew (BDB), konkordansi yang baik (akan dijelaskan kemudian), dan mungkin sebuah buku referensi/satu set seperti Bible Dictionary atau word study set (VanGemeren, New International Dictionary of Old Testament Theology ad Exegesis, 5 Vols [Zondervan]).

Saat anda menjalaninya anda akan belajar apa yang paling membentu anda dalam mempelajari Alkitab, dan anda akan mulai membuat suatu perpustakaan untuk mengerjakannya. Anda juga akan menjadi terbiasa dengan buku tafsiran Perjanjian Lama yang terbaik dan mendapatkannya sebagai sumber yang sangat berharga bagi pelayanan anda dimasa depan.

Bantuan yang Tersedia

Catatan kelas bisa didapat apakah dengan fotokopi (ada biaya) atau internet: www.christianleadershipcenter.org

Situs lain yang bisa menolong dalam mempelajari bagian-bagian lain adalah situs www.netbible.org. Situs ini adalah suatu Alkitab terjemahan dengan catatan yang bisa diambil serta penjelasan kata, struktur kata dan sintaks, masalah tekstual, dan informasi mengenai latar belakang.

Selain itu anda juga bisa menemukan petunjuk dari buku yang sudah tidak dicetak lagi. Cobalah www.abebooks.com. Mereka bisa mencarikan toko buku didunia yang memiliki buku yang anda butuhkan, dan bagaimana mendapatkannya.

Related Topics: Teaching the Bible