Gereja: “Rumah yang jauh dari Rumah”

Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah (Efesus 2:19)

Renungkan: Tuhan yang Memberi Saya Keluarga yang Baru

    Natur dari Gereja

      1. Baca Roma 16:5 dan 1 Korintus 16:19. Apakah orang Kristen yang mengadakan pertemuan dalam rumah ini dihargai Paulus sebagai gereja?
      2. Baca 1 Korintus 1:1 dan 1 Tesalonika 1:1. Apa kata Paulus mengenai gereja dalam bagian ini? Bagaimana hal ini dibandingkan dengan bagian yang dikutip dalam pertanyaan 1 diatas?
      3. Baca Kisah 9:31. Apa yang dikatakan bagian ini mengenai gereja? Kenapa sangat penting dalam setiap bagian ini (lihat pertanyaans 1-2) gereja tidak dinyatakan dalam kata yang jamak seperti gereja-gereja tapi hanya dalam kata tungggal? Apakah anda memperhatikan pertumbuhan ukuran besar dan wilayah gereja dinyatakan, seperti, rumah, kota, daerah
      4. Berdasarkan bagian diatas kita bisa mengatakan bahwa gereja hanya satu, rohani, dan tidak terlihat dibentuk dari semua orang percaya dalam Kristus. Baca Efesus 4:1-6. Bagaimana cara bagian ini menjelaskan esensi, kesatuan rohani dari gereja universal, walaupun gereja lokal—dengan perbedaan yang ada—bisa muncul dalam setiap kota (cf. Titus 1:5)? Lebih jauh, walaupun kita tidak mengetahui dalam setiap masalah tentang siapa dan siapa yang bukan orang percaya, Tuhan pasti “mengetahui mereka yang menjadi milikNya” (2 Timotius 2:19).
      5. Menurut Efesus 5:25, untuk siapa Kristus mati? Apa dampak hal ini menyangkut esensi kesatuan gereja dan posisi kesatuan (dihadapan Tuhan dalam Kristus)yang dimiliki olehnya untuk menunjukan secara praktek kepada dunia dalam hubungannya, yaitu hubungan sesama orang Kristen?
      6. Baca Efesus 2:11-22 dan 3:6. Apa natur dari gereja dilihat secara etis (i.e., dilihat menurut kelompok orang yang berbeda)? Berapa penting kebenaran ini pada saat ini?

    Metafora Alkitab untuk Gereja

      1. Dalam Alkitab ada beberapa metafor (simbol) untuk gereja yang diambil dari dunia pertanian, agama, bioligi, dll. Setiap metafor menyumbangkan suatu yang unik tentang natur dari gereja dan seluruhnya membangun pengertian kita akan karya Tuhan yang luar biasa yang disebut ekklesia. Baca Yohanes 15:5. Apa simbol yang digunakan untuk menggambarkan hubungan kita dengan Kristus? Perasaan dan gambaran apa dalam metafor ini yang dibangkitkan dalam anda? Apa yang dinyatakan dalam 15:6 tentang kebutuhan total kita untuk berdiam dalam Kristus?
      2. Dalam menjalani pelayanannya ke Korintus, apa kata Paulus mengenai gereja? Lihat 1 Korintus 3:6-9. (Lihat dibawah untuk referensi yang lebih lanjut akan gereja sebagai bangunan)
      3. Baca 1 Korintus 3:9-15. Dengan apa Paulus membandingkan gereja? Dengan cara apa gereja diumpamakan sebagai bangunan dan apa maksud dari metafor ini, i.e., kenapa Paulus menyatakan hal ini kepada jemaat Korintus? Baca Efesus 2:19-20. Bagaimana hubungan bagian ini dengan 1 Korintus 3:9-15?
      4. Apa kata Paulus tentang gereja dalam 1 Korintus 3:16-17? Lihat juga 1 Petrus 2:4-8. Apa fungsi Bait dalam PL? Lihat Keluaran 40:34-38; 2 Samuel 7:5; 1 Kings 8:17-19, 27-30. Apakah gambaran ini berkaitan dengan keistimewaan dan tanggung jawab?
      5. Gambaran apa yang digunakan dalam 1 Timotius 3:15 untuk menunjukan gereja? Apakah ini menunjukan tentang hubungannya dengan Tuhan, Alkitab dan dunia?
      6. Apa kata Yesus kepada Tuhan dalam Matius 6:6, 9? Apa sebutan orang Kristen dalam Galatia 3:26 dan 1 Korintus 6:18? Apa dampak hal ini tentang natur dari gereja jika Tuhan adalah Bapa kita dan kita adalah anaknya laki-laki dan perempuan? Lihat Efesus 3:14-15 dan Galatia 6:10.
      7. Salah satu metafora yang sering digunakan dalam Alkitab untuk menunjuk pada gereja adalah “tubuh Kristus” Baca 1 Korintus 12:12-26. Apa yang ditunjukan gambaran tubuh terhadap natur gereja dalam bagian ini?
      8. Baca Efesus 1:22-23 dan 4:15-16. Disini gereja dilihat sebagai tubuh, tapi Kristus juga dimasukan dalam metafor sebagai Kepala. Ini penggunaan gambaran yang berbeda dengan 1 Korintus 12. Menurut bagian ini dalam Efesus apa yang menjadi tugas dari Kepala dari tubuh? Apa yang harus menjadi respon dari tubuh?

    Kuasa dan Pelayanan Gereja

      1. Menurut Efesus 1:12 apa alasan utama Tuhan mendirikan gereja? Apa hubungannya dengan Roma 12:1 dan 2 Korintus 7:1 berkaitan dengan hal ini?
      2. Apa mandat gereja berkaitan dengan anggotanya? Lihat Efesus 4:11-16 dan Kolose 1:28.
      3. Siapa yang memberikan gereja otoritas dan kuasa untuk menjalankan misinya? Lihat Matius 28:18.
      4. Berkaitan dengan dunia, apa mandat utama kita dalam Matius 28:19-20? Apa hubungan hal ini denganMatius 5:16, Lukas 10:25-37, dan Galatia 6:10?
      5. Apa yang dikatakan Paulus mengenai injil dalam Roma 1:16 dan 10:14-17?

    Tanda Gereja yang Benar

Ada beberpa tanda gereja yang benar, tapi yang paling umum disebut adalah: (1) ajaran Alkitab; mengimani dan melaksanakan Firman Tuhan dalam Dia (2 Timotius 2:15); (2) tafsiran yang tepat dan menjalankan sakramen iman, seperti perjamuan kudus dan baptisan (1 Korintus 11); (3) pelaksanaan disiplin pemulihan Alkitab (Matius 18:15-20); (4) memperlengkapi setiap anggota kearah kekudusan dan pelayanan yang efektif (Kolose 1:28), dan (5) penekanan yang kuat akan memcapai dunia bagi Kristus dan melatih orang Kristen yang baru (Matius 28:19-20).

    Karunia yang Diberikan Kepada Gereja

      1. Baca Roma 12:4-5; 1 Korintus 12:4-26, dan Efesus 4:1-6 dan PERHATIKAN penekanan pada keragaman dari konteks kesatuan. Siapa yang menyebabkan keragaman dan kesatuan?? Kenapa karunia diberikan kepada setiap anggota ? Apakah karunia yang ada dalam Roma 12:6-8, 1 Korintus 12:7-10, 28-30, Efesus 4:11 sudah lengkap? Kenapa dan kenapa tidak?
      2. Siapa yang menentukan orang yang menerima karunia menurut 1 Korintus 12:11?
      3. Apakah setiap orang memiliki karunia yang sama? Lihat 1 Korintus 12:29-31. Haruskah setiap orang memiliki karunia bicara lidah? mengajar? dll.?
      4. 1 Korintus 12-14 membentuk satu pemikiran. Ketiga pasal berkisar topik itu :“penggunaan dan penyalahgunaan dari karunia Roh.” Pasal 13 mengenai kasih dan itu dibicarakan ditengah 12-14. Itu bisa dibagi kedalam 3 bagian seperti: (1) sebutan dari kasih (12:31b-13:3); (2) kasih yang dilaksanakan (13:4-7), dan (3) kasih yang permanen (13:8-13). Apa sumbangan pasal ini terhadap maksud Paulus dalam pasal 12 dan 14? Mengapa ini sangat penting untuk dimengerti dan dilaksanakan dalam persekutuan kita? Apa yang akan terjadi jika kasih tidak ada dan bukan hal utama ketika menjalankan karunia yang dimiliki?

    Kedudukan dalam Gereja

      1. Baca Kisah 14:23; 20:17, Titus 1:5; Yakobus 5:14; 1 Petrus 5:1; 1 Timotius 3:1-7, dan Titus 1:6-9 (overseer mungkin sama dengan elder). Siapa yang menjadi pemimpin utama dalam gereja? Apa kualifikasi mereka?
      2. Baca 1 Timotius 3:8-12. Apa kelompok kepemimpinan utama lainnya dalam gereja? Apa kualifikasi mereka dan mungkin beberapa fungsi mereka?

Renungkan: Apa Arti Hal Ini Buat Hidup Saya?

    Natur Gereja

Apakah pelajaran yang ditunjukan Paulus kepada orang percaya yang bertemu dalam rumah sebagai gereja mengubah cara pandang anda tentang gereja? kenapa? Fakta lain apa tentang nature gereja yang mencuri perhatian anda dan bagaimana pengertian baru ini memberikan keuntungan dalam situasi yang diberikanTuhan?

    Metafor Alkitab untuk Gereja

Apa yang anda pelajari mengenai nature organic gereja dari metaphor ini? Menurut anda apa hubungan metaphor ini dengan gereja secara institusi? Menurut anda metaphor mana yang, paling baik menggambarkan hubungan anda dengan Kristus dan orang percaya yang lain?

    Kuasa dan Pelayanan Gereja

Apa artinya buat anda, dalam kontek membagi iman anda, bahwa Kristus memiliki semua otoritas disurga dan dibumi? Berbicara mengenai pelayanan gereja, kita membicarakan 3 wilayah. Siapa mereka dan kenapa penting ketiganya harus ada dalam setiap gereja? Bagaimana anda melayani dalam gereja anda? Bagaimana anda mengembangkan dan dewasa dalam pelayanan ini?

    Tanda Gereja yang Benar

Hal apa yang seharusnya dilihat dalam suatu gereja? Hal apa yang seharusnya ada sebelum anda bersekutu disuatu tempat? Kapan waktu yang tepat bagi orang Kristen untuk meninggalkan gereja dengan alasan selain dari relokasi (a.n., berkaitan dengan perubahan karir, atau hal yang mirip)? Apakah ada perbedaan pendapat mengenai pentingnya injil, dan pentinya doktrin akhir jaman seseorang? Jika demikian, yang mana lebih penting dan pada titik apa anda bergumul dengan suatu gereja pada salah satu bidang ini (jika gereja berbeda dengan anda). PERHATIKAN: Dalam setiap pertanyaan ini kita mendorong orang untuk tetap pada pendapat mereka dan mencoba untuk dewasa bersama dengan orang percaya yang lain, daripada keluar hanya karena seorang memegang doktrin yang berbeda. Tentu saja, ada doktrin yang salah dan harus keluar dari gereja karena melihat usaha untuk kepada Alkitab sudah tertutup. Tapi, telah menjadi pengalaman kami, ada banyak orang Kristen, di US dan Kanada, secara khusus, yang mengubah gereja karena perbedaan atau ketidakcocokan. Ini tidak sehat dan menghalangi seseorang untuk benar-benar menyerahkan dirinya pada Tuhan dan umatnya dalam suatu lokasi tertentu.

    Karunia yang Diberikan Kepada Gereja

Apa karunia rohani anda? Jika anda tidak mengetahuinya, cara apa yang terbaik untuk mengetahuinya? Beroa? Mencari nasihat Tuhan? Lihat Roma 12:1-2. Apa konteks dasar etis dan rohani yang dibutuhkan untuk karunia bisa berfungsi secara sehat? Bagaimana anda bisa ikut serta dalam mengembangkan keragaman ini dalam gereja anda?

    Kedudukan dalam Gereja

Kenapa Tuhan menegakan kepemimpinan dalam gereja? Apa seharusnya respon kita kepada pemimpin yang Tuhan tunjuk atas kita? Lihat Kisah 17:11; Ibrani 13:7, 17.

    Masalah Kesatuan

Apakah dalam menyelami bagian ini anda mendapat masukan segar mengenai keinginan Tuhan supaya anakNya hidup dan berjalan dalam kesatuan? Apa yang bisa anda lakukan untuk memelihara kesatuan dalam gereja anda dan diantara gereja yang ada dalam lingkungan anda? Percayalah pada Tuhan untuk memberkati anda dalam hal ini.

Taxonomy upgrade extras: 
Ad Category: