Where the world comes to study the Bible

Masa depan yang cemerlang: “Menuju kemana semua ini?”

Akulah Allah dan tidak ada yang seperti Aku …Aku yang memberitahukan dari mulanya hal yang kemudian dan dari zaman purbakala apa yang belum terlaksana (Yesaya 46:10)

Renungkan: “Dia Akan Mengenyahkan Semua Tangisan”

Sekarang kita sampai pada pelajaran terakhir dari seri ini yaitu pelajaran mengenai masa akhir. Dalam setiap bagian dari teologi ada perbedaan pendapat diantara orang percaya hanya karena kurangnya pengertian atau Alkitab sendiri tidak jelas membicarakannya (e.g., 1 Cor 15:29). Ini merupakan pelajaran mengenai masa akhir. Pasti ada kesepakatan diantara orang Kristen dan kita akan mencoba sebaik mungkin untuk mempelajarinya. Sebenarnya kita akan mulai dari hal itu.

    Hal yang Disepakati

      1. Baca Kisah 1:11. Apa yang diajarkan Alkitab tentang kedatangan Yesus yang kedua kali? Lihat juga Matius 24:30, 44, 50; 25:31; Markus 13:32-33; 1 Tesalonika 5:2; 1 Petrus 4:7; Wahyu 22:12. PERHATIKAN: Fakta bahwa kedatanganNya bisa kapan saja, tidak berarti secepatnya. Jika anda tidak mengerti hal ini, tolong ambil waktu untuk memikirkannya lebih lanjut. Terdapat perbedaan besar antara keduanya!!
      2. Apa tanggung jawab kita terhadap kedatangan Kristus yang kedua kali? Lihat Filipi 3:20 dan Wahyu 22:21.
      3. Menurut Yohanes apa yang akan terjadi akhirnya ketika Yesus datang kembali? Baca Yohanes 5:28-29.
      4. Apa yang kemudian akan terjadi waktu kedatangan Kristus kedua kali dan kebangkitan semua orang? Lihat Matius 25:31-46.
      4. Apa yang menjadi akhir dari orang jahat dan benar menurut Matius 25:46, 2 Tesalonika 1:8-9, dan Wahyu 20:11-15.
      5. Baca Matius 5:22 (18:9); 8:12; 13:42; 22:13; Lukas 16:23; Yudas 7, 13. Bagaimana Alkitab menggambarkan neraka?
      6. Baca Ibrani 11:10, 16; 12:22-25; 2 Petrus 3:13; Wahyu 7:13-17; 21:1-22:21; 2 Korintus 5:1-10. Apa yang diajarkan bagian ini mengenai surga dan tubuh kebangkitan kita? Lihat juga pelajaran “keselamatan yang luar biasa” dimana kita membicarakan tentang kebangkitan tubuh.
      7. Kesimpulannya, Alkitab mengajarkan dan juga kebanyakan orang Kristen dalam sejarah gereja percaya bahwa Kristus akan kembali dalam bentuk tubuh, bisa dilihat, dan dengan tiba-tiba didunia, setelah itu ada kebangkitan dan penghakiman. Orang jahat akan dipisahkan selamanya dari Tuhan kedalam neraka dan orang benar, didalam tubuh yang dimuliakan, akan menerima hidup kekal disurga dan bumi baru.

    Hal yang Berbeda

Ada juga hal yang berbeda. Ini umumnya: (1) keadaan dan waktu pengangkatan; (2) nature dan jangka waktu kerajaan seribu tahun dalam Wahyu 20; (3) nature, waktu, dan rentang periode tribulasi; dan (4) peran bangsa Israel dalam masa akhir dan dalam kerajaan seribu tahun.

      1. Kata pengangkatan dalam 1 Tesalonika 4:16 berarti “memegang,” “menarik” atau “merenggut.” Cf. 1 Korintus 15:50-53. Walaupun beberapa teolog menolak bahwa 1 Thess 4:16 mengajarkan suatu “pengangkatan”umum dari orang suci, ini tidak menjadi pengertian terbaik dan konsisten dari bagian ini. Pertanyaan terbesar bagi kebanyakan orang bukanlah fakta pengangkatan dalam bagian ini, tapi waktunya “kapan ini akan terjadi?” Ada beberapa posisi mengenai hal ini, kita tidak mungkin mendaftar semua ayat dan pendapat yang digunakan orang dalam mendukung pandangan mereka. Berikut ini adalah posisi yang paling bisa dipegang: (1) pengangkatan muncul sebelum periode pergolakan besar, dimana dalam skema ini, akan berakhir dalam 7 tahun; (2) pengangkatan muncul selama pergolakan besar( yaitu ditengah-tengah), dan (3) pengangkatan muncul setelah pergolakan besar. Dalam kasus ini, seseorang tidak bisa memastikan secara mutlak karena tidak ada tulisan yang secara jelas menunjukan hal ini.
      2. Baca Wahyu 20:1-7. Pertanyaan besar yang melingkupi arti dari bagian ini adalah apakah “1000 tahun” harus dianggap secara literal atau tidak demikian dan berapa lama waktunya (yaitu kerajaan seribu tahun) berkaitan dengan kedatangan kedua kali.. jawaban dari premillennial adalah 1000 tahun merupakan tahun yang literal dan Kristus akan kembali sebelum periode itu mulai. Tentu saja, pada kedatanganNya Dia akan berkuasa dalam 1000 tahun pemerintahanNya, untuk memenuhi, sebagai contoh, bagian seperti Mazmur 2. beberapa premillennialists, mempertahankan struktur dasar kedatangan Kristus setelah kerajaan seribu tahun, mengatakan bahwa 1000 tahun mungkin tidak secara literal 1000 tahun, tapi hanya suatu petunjuk akan jangka waktu yang sangat panjang. Amillennialists tidak menganggap 1000 tahun secara literal, tapi sebagai simbol yang menunjuk pada periode antara pengangkatan dan pengiriman Roh Kudus saat Pentakosta. Postmillennialists juga tidak secara literal, tapi mengatakan bahwa “periode seribu tahun” yang mulia akan dilalui dengan kothbah-kothbah gereja tentang injil, dan pada akhirnya Tuhan akan datang. Untuk mereka kata 1000 tahun hanya menunjuk pada kualitas waktu dan hanya sedikit kearah jangka waktu.
      3. Baca Matius 24:21-22; Wahyu 2:22, dan 7:14. Terlihat dalam bagian ini bahwa Alkitab berbicara mengenai suatu periode penghakiman yang dialami seluruh dunia (cf. Rev 3:10). Periode waktu ini disebut sebagai Pergolakan Besar. Teolog Dispensational sering mengatakan bahwa periode ini memenuhi minggu ke 17 dari Daniel (Daniel 9:25-27) dan harus ditempatkan sebelum kedatangan Kristus yang secara literal dikatakan 1000 tahun kerajaan dibumi. Lebih jauh, mereka mengatakan bahwa itu akan berakhir dalam 7 tahun, tapi gereja akan dianggat sebelumnya. Baik amillennialists dan postmillennialists,sebaliknya menempatkan pergolakan besar pada akhir masa gereja sebelum kedatangan Kristus dan sering diasosiasikan dengan perang antara Tuhan dan Magog dalam Wahyu 20:8-9. Ada beberapa yang beranggapan bahwa pergolakan besar (thlipsis megale„) hanya menunjuk pada pergolakan yang dialami orang suci dalam seluruh sejarah gereja. Dalam terang perkataan Yesus di Matius 24:21, bagaimanapun bagi penulis, posisi terakhir ini sangat tidak mungkin.
      4. Kita sampai pada masalah terakhir yang diperdebatkan, yaitu peran bangsa Israel dimasa depan. Baca Roma 11:1-32. Pada akhirnya ada 3 baris argumen mengenai masalah ini. Pertama, ada teolog dalam Dispensationalism yang menyatakan bahwa janji yang dibuat dengan bangsa Israel tidak sepenuhnya terpenuhi, tapi mereka akan dipenuhi dalam 1000 tahun pemerintahan Kristus didunia. Sebaliknya, ada teolog amillennial yang menolak adanya peran bangsa Israel dimasa depan. Sebagian besar ada dalam terang ketidaktaatan mereka dalam menyalibkan Kristus, dia sudah digantikan oleh gereja. Ada beberapa orang, terutama teolog covenant premil, yang beranggapan bahwa bangsa Israel memiliki peran dalam masa depan dan pada masa akhir orang Yahudi akan bertobat.. Salah satu pertanyaan kunci yang dikatakan Paulus dalam Roma 11:26 bahwa “semua Israel” akan diselamatkan, menunjuk pada orang Yahudi atau bangsa Israel?

Renungkan: Apa Arti Hal Ini Buat Hidup Saya?

    Harapan Besar Kita

Gambarkan apa artinya bagi anda bahwa Tuhan mengatur dunia dan membawanya kepada kesempurnaan. Kita mengetahui bahwa Kristus bisa datang kapan saja, tapi ini tidak berarti dia akan datang sekarang atau secepatnya. Ini merupakan kesalahan besar dan sering membuat orang Kristen menjadi kurang sehat dalam berurusan dengan dunia. Masalahnya adalah, bagaimana kita menyeimbangkan fakta bahwa Dia bisa datang kapan saja dengan nasihat Alkitab untuk bijaksana dan membuat rencana yang bijaksana untuk masa depan? PERHATIKAN: jangan lupa, bahwa walaupun dunia ini sudah jatuh dan seperti yang dikatakan Yohanes dibawah kuasa iblis, tetap merupakan dunia milik Tuhan dan kita bertindak dengan bertanggung jawab dalamnya. Kita tidak mencari cara rencana meloloskan diri.

    Perbedaan Antara Orang Kristen Menyangkut Masa Akhir

Bagaimana anda berurusan dengan orang Kristen lain yang berbeda dengan anda mengenai masalah interpretasi terbaik dari akhir jaman? Apakah membawa kebaikan melemparkan hinaan dan mempertanyakan motivasi seseorang? Apakah ini memuliakan Kristus? Saya menanyakan hal ini karena sering terjadi—khususnya dalam masalah ini—banyak pertentangan diantara orang percaya. Baiklah kita sekarang mendengarkan orang lain, menimbang secara seksama apa yang mereka katakan, murah hati menawarkan versi anda, dan mendorong kesatuan diatas segalanya.

Related Topics: Eschatology (Things to Come), Basics for Christians